Web Tutorial
Now Reading
Pengertian OOP Menurut Bahasa Pemrograman
Inovasi Baru
4
Metode OOP banyak sekali diterapkan bagi para web developer untuk membangun web yang memiliki sistem database.

Halo sobat BierPinter, senang sekali bisa berbagi pengetahuan dengan kalian. Disini aku akan membagikan pengertian OOP menurut bahasa pemrograman. Pemrograman berorientasi objek atau object-oriented programming (OOP) merupakan suatu pendekatan pemrograman menggunakan objek dan class. Saat ini, konsep OOP sudah semakin berkembang. Hampir setiap perguruan tinggi di dunia mengajarkan konsep OOP pada Mahasiswa/i-nya. Pemrograman yang banyak dipakai dalam penerapan OOP adalah C++, Java, Phyton, .Net, Ruby, Go, dan lain sebagainya.

Tujuan dari OOP

Tujuan dari OOP adalah untuk memudahkan programmer dalam pembuatan program dengan menggunakan konsep objek yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi, setiap bagian permasalahan adalah objek, dan objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil. Contoh objek dalam kehidupan sehari-hari, misalnya komputer. Komputer merupakan objek yang terdiri dari objek-objek lain yang lebih kecil, berupa motherboard, processor, vga card, ram, dan sebagainya. Objek-objek tersebut akan saling berhubungan, berinteraksi, dan berkirim pesan satu sama lain. Begitu juga dengan pemrograman OOP, permasalahan yang besar akan dipecah menjadi permasalahan yang lebih kecil

OOP Bukanlah sekedar cara penulisan Sintaks program yang berbeda, namum lebih dari iut. OOP merupakan cara pandang dalam menganalisa sistem dan permasalahan pemrograman. Dalam OOP, setiap bagian dari program adalah objek. Sebuah objek mewakili suatu bagian program yang akan diselesaikan. Sebuah objek pada OOP memiliki data atau yang disebut properti yang menjelaskan tentang sifat-sifat objek tersebut.

Seperti sebuah komputer dapat memiliki data merk, ukuran, dan spesifikasi lainnya. Objek-objek yang ada di dalamnya, seperti motherboard juga memiliki data berupa jumlah slot usb, dioda yang terpasang, bridge, dan sebagainya.

Selain memiliki properti, sebuah objek dalam OOP juga memiliki method berupa fungsi yang dapat dipanggil untuk melakukan tindakan atau mengubah nilai dari properti yang ada di dalamnya. Seperti komputer dapat melakukan tindakan merekam/menyimpan data, membuat program/animasi, bermain game dan sebagainya. Komputer juga dapat diganti shassis tower-nya untuk mengubah ukuran, dimensi maupun warna (mengubah nilai properti).

Penutup

Demikianlah pengertian OOP menurut bahasa pemrograman yang dirangkum oleh BierPinter. Buat teman-teman, aku berharap bagi setiap pembaca berantusias untuk membagikan artikel ini kembali. Dengan antusias ini, Anda dapat membantu kami untuk meningkatkan situs dan konten lebih baik lagi. Terima kasih. 🙂

What's your reaction?
Luar Biasa
33%
Suka Sekali
33%
Keren
33%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
Carollous Dachi
4 Comments

Leave a Response