Web Tutorial
Now Reading
Static Property dan Static Method Pada PHP
1
Static property dan static method adalah property dan method yang melekat pada class, bukan pada objek.

Halo sobat BierPinter, senang sekali bisa berbagi materi dengan kalian. Materi hari ini, kita akan belajar static property dan static method pada PHP. Static property dan static method adalah property dan method yang melekat pada class, bukan pada objek. Untuk membuat static property maupun static method dengan menambahkan kata static setelah kata public, protected, ataupun private.

Nah, sebelum kita lanjut materi ini. Buat teman-teman yang suka belajar pemrograman PHP. Mari beri dukunganmu untuk membantu kami dalam memberikan materi-materi yang lebih baik lagi.

Static Property dan Static Method Pada PHP

Untuk mengakses static property dan static method, kita tidak perlu membuat objek terlebih dahulu, tetapi mengaksesnya secara langsung dengan menggunakan scope operation operator.  Jika static property atau static method diakses dari dalam class, maka kita menggunakan keyword self ataupun parent jika mengaksesnya dari class turunan. Pelajari keyword self dan parent disini.

Anda tidak dapat mengakses static property atau static method menggunakan variabel $this. Contoh penggunaannya dapat dilihat pada skrip di bawah ini:

<?php
class pesawat {
protected static function info_pesawat(){
return "Ini pesawat ";
}
}

class cargo extends pesawat {
private static function info_cargo(){
return "Jenis kargo";
}

public static function tampil_info(){
echo parent::info_pesawat();
echo self::info_cargo();
}
}

cargo::tampil_info();

Penjelasan

Pada skrip di atas, kita membuat 3 static method. Method info_pesawat() dibuat protected sehingga hanya dapat diakses dari dalam class atau class turunannya. Method info_cargo() dibuat private sehingga hanya dapat diakses dari dalam class. Agar kedua method tadi dapat diakses dari luar class, maka kita buat satu method lagi dengan nama tampil_info() dengan hak akses public.

Di dalam method ini kita jalankan kedua method sebelumnya. Karena yang dijalankan adalah static method, maka kita menggunakan scope operation operator dengan keyword parent untuk method pada class induk dan method self untuk method pada class yang sama. Di luar class, kita mengakses method tampil_info() yang berupa static method secara langsung tanpa membuat objek terlebih dahulu.

Penutup

Demikianlah materi tentang static property dan static method pada PHP. Materi ini adalah materi baru. Materi ini merupakan pendalaman php dari materi-materi sebelumnya. Buat teman-teman yang baru buka materi ini dan belum belajar materi-materi sebelumnya. Disarankan untuk pelajari terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke materi-materi berikutnya. Terima kasih. 🙂

What's your reaction?
Luar Biasa
75%
Suka Sekali
25%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
Carollous Dachi
1 Comments

Leave a Response