Web Tutorial
Now Reading
Konsep OOP VS Prosedural Dalam Web Developer
0
Yang mana akan kalian pilih ? Metode Prosedural atau OOP ?

Halo sobat BierPinter, selamat datang kembali di website BierPinter. Mungkin ada yang bertanya ? Kalau membangun website menggunakan basis PHP. Mending prosedural atau OOP ? Sebenarnya, jawabannya tergantung kalian. Semua konsep akan menghasilkan hasil yang sama, hanya saja cara pengerjaannya saja yang berbeda. Tetapi, dengan membaca artikel ini. Setidaknya kalian bisa memilih konsep mana yang sesuai untuk kalian gunakan dalam membangun sebuah website. Materi kali ini adalah konsep OOP Vs Prosedural dalam web developer. Tapi sebelum kita mulai, buat teman-teman yang belum like dan share. Ayo sekarang lakukan untuk membantu kami dalam mengembangkan situs ini menjadi lebih baik lagi.

Prosedural VS OOP Dalam Web Developer

Metode OOP

PHP bukanlah pemrograman yang murni berbasis objek, seperti Java misalnya. OOP dalam PHP merupakan fitur tambahan yang mulai ada pada PHP versi 4. Di dalam PHP, kita dapat membuat program dengan konsep OOP maupun tidak. Pembuatan program tanpa konsep OOP dalam PHP biasa disebut dengan pemrograman prosedural. Pemrograman prosedural lebih cocok jika digunakan pada projek aplikasi dengan skala kecil. Namun, untuk pengerjaan aplikasi yang kompleks, apalagi dikerjakan bersama team akan lebih baik jika menggunakan konsep OOP.

Membuat program dengan konsep Prosedural maupun OOP, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Prosedural

  • Efektif digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang kecil dan tidak terlalu rumit.
  • Memperhatikan urut-urutan / langkah-langkah perintah secara sistematis, logis, dan tersusun berdasarkan algoritma yang sederhana.

Kekurangan Prosedural

  • Tidak cocok untuk menyelesaikan masalah yang rumit karena akan sulit menemukan solusi permasalahan ketika terjadi error.

Kelebihan OOP

  • Data dan fungsi dikemas dalam class-class atau objek-objek.
  • Efektif digunakan untuk menyelesaikan masalah yang cukup besar karena OOP terdiri dari class-class yang memisahkan setiap kode program menjadi kelompok-kelompok kecil, sesuai dengan fungsinya.
  • Fungsi-fungsi algoritma yang terbagi mejadi beberapa class dapat memudahkan kita dalam memahami program, begitu pula ketika ada kesalahan program (bug/error) pada program, kita dapat lebih mudah menemukan penyebab error-nya dibanding ketika menggunakan konsep prosedural.
  • Object dan class dapat digunakan berkali-berkali, sehingga dapat menghemat tempat (space/memory).
  • Setiap object dapat ditambah kemampuannya tanpa mengganggu object lain.
  • Setiap object dapat dipakai dalam project yang lain tanpa perlu banyak penyesuaian.

Kekurangan OOP

  • Programmer yang telah terbiasa membuat program dengan konsep prosedural sering merasa kesulitan ketika dihadapkan dengan OOP, biasanya mereka akan merasa kebingungan dengan banyaknya istilah-istilah OOP.

Berikut tabel dibawah ini, akan menjelaskan perbedaan konsep oop dengan prosedural.

Prosedural OOP
Fokus utama pada fungsi dan prosedur yang beroperasi pada data. Menekankan pada data yang sedang beroperasi.
Program besar terbagi dalam program / unit kecil yang disebut dengan fungsi. Program terbagi ke dalam apa yang disebut dengan object.
Data dan fungsi diperlakukan sebagai entitas terpisah. Data dan fungsi bersama diperlakukan sebagai entitas terpisah.
Data dapat bergerak bebas di sekitar system dari satu fungsi lain. Data tersembunyi dan tidak dapat diakses oleh fungsi eksternal.
Data bersifat pasif. Object-object dalam OOP aktif.
Program desain dengan pendekatan “Top Down”, yaitu tugas-tugas yang kompleks dipecah menjadi bagian yang lebih kecil, sampai sub-tugas tersebut mudah diimplementasikan. Program desain pendekatan “Bottom Up”, yaitu membuat prosedur-prosedur untuk menyelesaikan tugas-tugas yang sederhana, lalu menggabungkan prosedur-prosedur tersebut dalam prosedur yang kompleks sampai fungsionalitas tercapai.

Penutup

Demikianlah pembahasan Konsep OOP VS Prosedural Dalam Web Developer versi BierPinter. Jadi, yang mana kalian akan pilih ? Kalau admin sih, konsep OOP ya. hehe. Nah, mungkin pembahasannya cukup sampai disini saja. Buat kalian yang suka dengan konten ini, jangan lupa untuk like dan share ya. 🙂

What's your reaction?
Luar Biasa
100%
Suka Sekali
0%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
Carollous Dachi
Loading...

Leave a Response