Web Tutorial
Now Reading
Perbedaan Web Developer dan Web Programmer Biar Tidak Keliru
0
Web Programmer dan Web Developer bukanlah hal yang sama. Mereka memiliki pengertian dan tugas yang berbeda.

Halo sobat BierPinter, senang sekali bisa berbagi pengetahuan dengan kalian semua. Pada kali ini, kita akan membahas perbedaan web developer dan web programmer. Memang sekilas terlihat sama, tapi keduanya berbeda. Dengan berkembangnya teknologi, semakin banyak perbedaan dan hal-hal yang baru dalam dunia teknologi. Hal ini benar-benar  dapat dirasakan. Sudah tidak terhitung berapa banyak jumlah aplikasi yang beredar di era sekarang ini. Tapi, pernahkah kalian terfikir bahwa ada orang dibalik aplikasi tersebut yang menciptakannya ? Hmm, ada gak ya.

Nah, sebelum kita melanjutkan pembahasan kita. Alangkah baiknya kalau teman-teman like dan share artikel ini. Hal ini membantu kita untuk mengembangkan situs ini menjadi lebih baik lagi.

Inilah Perbedaan Web Developer Dan Web Programmer

pengertian Web Developer

Jika kita membahas tentang teknologi. Banyak dibutuhkan profesi-profesi ilmu teknologi dan informasi untuk membuat sebuah program. Untuk orang yang masih awam atau belum mengerti, mereka selalu mengira bahwa yang bekerja di dunia teknologi dan informasi selalu dikaitkan dengan programmer. Padahal di dalam programmer masih ada bagian-bagian yang lain, seperti: developer.

Dalam kasus ini, perumpamaannya seperti perbedaan aplikasi dan software. Kenapa aku membahas topik ini ? Karena sampai saat ini, masih ada yang belum mengerti perbedaan web developer dan web programmer. Tapi tidak perlu khawatir, karena disini kita akan menjawabnya.

Menurut Pengertian

Jika kita melihat dari sudut pandang pengertian, programmer merupakan orang yang membuat sebuah kode dari bagian awal hingga akhir untuk membuat sebuah program ataupun aplikasi. Secara umum, orang yang membuat semua kode program aplikasi ataupun program bisa dikatakan adalah seorang programmer.

Bisa dikatakan, orang yang pertama kali menciptakan sebuah aplikasi ataupun software adalah seorang programmer. Maka dari sudut pandang ini, sudah kelihatan perbedaan antara programmer dan developer.

Secara gambaran besar, seorang developer adalah seseorang yang mengembangkan, dan membuat sesuatu yang sudah ada untuk menjadi lebih efektif atau lebih baik lagi. Ketika saya mengembangkan suatu program. Saya menyebut diri saya sebagai developer.

Dalam ilmu teknologi. Kita pasti pernah melihat seorang web programmer, apps programmer, php developer, dan Back-end Enginner. Lalu apakah semua profesi itu semua adalah sama ? Kan sama-sama bergulat di bidang Web ? Jadi, kesimpulannya. Seorang programmer adalah seorang yang membuat program menggunakan Bahasa pemrograman. Jika seorang developer ? Kita membuat suatu program, namun tidak dari ‘awal’.

Contoh kasus jika seorang developer:

Kita membuat suatu aplikasi berbasis web menggunakan Bahasa PHP. Kita menggunakan framework CodeIgniter. Lalu menggunakan JavaScript Library, Google Font, CSS Library, dll. Semua kode yang kita tulis, tidak kita buat dari awal. Kita menggunakan kode yang sudah ada, lalu mengembangkannya Sesuai kebutuhan kita.

Menurut Tugas Yang Dilakukan

Setelah kita membahas pengertian. Sekarang kita lanjut ke tugas apa yang dilakukan oleh web programmer dan web developer. Tugas seorang programmer mampu menulis kode-kode program yang nantinya akan digunakan pada sebuah web. Kode-kode program tersebut harus dapat berfungsi dengan baik ketika ada seorang user atau pengguna yang akan menggunakan website tersebut. Web programmer harus bertanggung jawab dan memperhatikan fungsi-fungsi yang ada dalam web tersebut. Berbeda dengan seorang developer, mereka sebagai pengembang website atau kelanjutan website yang sedang dibuat. Kita ambil contoh, seperti:

  • Membuat basis data,
  • Mengatur domain website,
  • Mengubah tampilan website agar responsive dan lebih dinamis.

Maka dari itu, ketika sebuah website sudah benar-benar siap digunakan dari sisi tampilan, basis data, dan juga kemudahan website, maka tugas web developer pun telah dianggap selesai. Jika, tidak ada tahap pengembangan selanjutnya dari request client.

Selanjutnya

Untuk artikel ini hanya cukup sampai disini. Konten ini dianggap bagian pertama. Untuk bagian kedua, akan dilanjuti pada postingan selanjutnya. Di bagian kedua, kita akan membahas perbedaan web developer dan web programmer dalam sudut pandang penguasaan Bahasa program dan waktu. Buat teman-teman yang suka dengan konten ini. Jangan lupa untuk like dan share ya. Terimakasih. 🙂

 

What's your reaction?
Luar Biasa
100%
Suka Sekali
0%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
Carollous Dachi
Loading...

Leave a Response